Pengertian Rumus dan Fungsi Simple Past Tense

Pengertian Rumus dan Fungsi Simple Past Tense – Hallo guys ! Here we go again. It’s a tenses time. Tenses yang akan kita pelajari kali ini masih basic yang cukup mudah untuk dipahami. tetapi guys, coba kalian ingat-ingat kembali mengenai definisi dari tenses itu apa?

Tenses ialah bentuk kata kerja atau verb yang biasanya dipakai pada suatu kalimat bahasa Inggris. akan tetapi, kata kerja tersebut bisa berubah-ubah yang disesuaikan dengan waktu penggunaannya. Ada yang past atau bentuk lampau dan present yang menceritakan sekarang.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, setiap kejadian tidak selalu diceritakan pada saat yang sama dengan kejadian. Oleh karena itu, agar dapat menggambarkan keadaan dalam suatu cerita dengan tepat, kamu harus memahami penggunaan tenses.

Sebelumnya, kita sudah mengupas tuntas penjelasan mengenai tenses yang paling dasar dalam dunia grammar bahasa Inggris, yaitu simple present tense. Pembahasan grammar yang berkaitan dengan waktu ini masih berlanjut ya guys, dan kita akan menuju ke bagian simple past tense.

Pengertian Rumus dan Fungsi Simple Past Tense

Pengertian Rumus dan Fungsi Simple Past Tense

Pengertian Simple Past Tense

Simple past tense merupakan kalimat yang biasanya digunakan untuk menceritakan kejadian yang sudah terjadi di masa lampau dan berakhir di masa lampau itu juga. so, dengan kata lain past tense digunakan ketika kalian bercerita tentang kejadian atau aktivitas dimasa lalu.

Definisi dalam bahasa Inggris, simple past tense verbs—also called past simple or preterite—show action that occurred and was completed at a particular time in the past. Sampai sini paham ya guys.

Ciri – Ciri Simple Past Tense

1. Pada simple past tense, verb atau kata kerja yang digunakan selalu bentuk ke-2 atau V2 untuk menandakan aktivitas yang terjadi di masa lampau, atau menggunakan to be was/were.

2. Menggunakan time signal bentuk lampau seperti last night, yesterday, last year, last morning etc.

3. Memakai bentuk kata kerja regular dan irregular.

Rumus atau Form Simple Past Tense

Secara umum, rumus simple past tense ialah subject + verb 2 + object + complement. Namun, ternyata tidak se simple dan sesederhana itu guys. Hal ini dikarenakan, ada dua bentuk kalimat yang otomatis menyebabkan perbedaan bentuk form atau rumusnya. Yap, ada kalimat verbal dan kalimat nominal yang akan kita bahas di bawah ini.

Nominal simple past tense

Kalau sebelumnya sudah membaca artikel Simple Present Tense: Pengertian, Kegunaan, Rumus, dan Contoh Kalimat dan memahaminya dengan baik, pasti kamu masih ingat dong, bahwa predikat dalam kalimat tenses terbagi menjadi dua, yaitu bentuk nominal dan verbal.

Pada kalimat nominal, bagian predikat akan diisi oleh to be was/were sebagai bentuk lampau to be setara dengan am dan are dari simple present tense. Di bawah merupakan rumus dari nominal simple past tense:

(+) Subject + to be (was/were) + complement

(-) Subject +to be (was/were) + not + complement

(?) To be (was/were) + Subject + complement

Verbal simple past tense

Kata kerja pada tenses terdiri dari tiga bentuk, yaitu verb 1, verb 2, dan verb 3. Dalam hal ini, sebagai kalimat simple past tense, yang akan mengisi posisi predikat adalah verb 2 atau kata kerja kedua. Artinya, kata kerja ini sudah bukan lagi yang dasar, alias sudah berubah bentuk karena dipengaruhi oleh waktu (lampau).

Namun, kabar baiknya adalah, kata kerja dalam verbal simple past tense tidak dipengaruhi oleh subjek. Jadi, apapun subjectnya, bentuk verb akan tetap sama. Berikut ini merupakan rumus verbal simple past tense:

(+) Subject + verb 2 + complement

Rumus di atas hanya berlaku untuk kalimat positif saja guys. Jika ingin mengungkapkan kalimat (-) atau kalimat tanya, rumusnya adalah sebagai berikut:

(-) Subject + did + not + verb 1

(?) Did + subject + verb 1

Fungsi simple past tense

1. Menjelaskan aktivitas yang biasa dilakukan di masa lampau

2. Menjelaskan kejadian di masa lampau dan telah selesai saat itu juga

3. Menjelaskan kejadian di masa lampau dalam waktu yang pasti

4. Menjelaskan perasaan atau emosi yang terjadi di waktu lampau

5. Menjelaskan kejadian yang menjadi kebiasaan pada masa lampau namun sudah tidak lagi dilakukan

Baiklah adik-adik semua itulah tadi ulasan tentang pengertian rumus dan fungsi simple past tense yang berhasil kami rangkumkan dan kami sajikan ke kalian semua. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian yah dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Related Posts
Mengenal Karakteristik Benua Asia, IPS Kelas 9
mengenal karakteristik benua asia

Hai teman-teman kembali lagi bersama kami situs resmi Prakerja.Co.Id, kali ini kami akan membahas tentang apa ya ?, ya betul Read more

Dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah
Dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah

Dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah merupakan salah satu periode penting dalam sejarah Islam. Setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Read more