Pengertian Struktur dan Contoh Spoof Text

Pengertian Struktur dan Contoh Spoof Text – Ketika kalian mempelajari ilmu bahasa asing, tentunya kalian harus juga mempelajari berbagai macam kemampuan bahasa, mulai dari membaca, menulis, menyimak serta berbicara. Salah satu bahasa asing yang memang wajib dipelajari

karena merupakan bahasa Internasional ialah bahasa Inggris ini. Kunci supaya kalian dapat menguasai bahasa Inggris adalah dengan terus berlatih untuk mengasak empat kemampuan tersebut bauk itu writing, reading, speaking and listening.

Misalnya kalian bisa mencoba untuk berdialog dengan menggunakan bahasa Inggris dengan orang asing. Meskipun topik yang kamu angkat dalam percakapan ada banyak, mungkin kamu takut pembicaraannya garing dan nggak membawamu ke mana-mana.

Jangan salah. Ada juga topik pembicaraan yang bisa membuat kamu terlihat lebih enjoy dan menarik. Yaitu cerita lucu yang merupakan salah satu jenis teks bahasa Inggris. Tentunya kamu harus banyak baca teks lucu agar terinspirasi membuat lelucon yang menarik.

Nah, cerita tersebut bernama spoof text. Seperti apa sih spoof text itu? Apa ada tipe-tipe yang berbeda? Gimana struktur dan kaidah kebahasaannya? Simak penjelasannya di bawah ini ya murid online ku yang pintar!

Pengertian Struktur dan Contoh Spoof Text

Ulasan Materi Pengertian Struktur dan Contoh Spoof Text

Pengertian / Definisi Spoof Text

Spoof text merupakan salah satu tipe teks atau cerita yang pada akhir bagiannya terdapat twist atau kejutan yang lucu. Kejutan itulah yang merupakan kejadian yang tidak dapat diduga sehingga membuat cerita atau teks tersebut menjadi lucu.

Dalam bahasa Inggris, spoof text dikenal juga dengan humor, joke, anecdote, parody, atau funny story. Tujuan dari spoof text sendiri ialah untuk menghibur orang lain dengan cerita yang lucu. Biasanya spoof text merupakan cerita nyata yang terjadi di masa lalu dengan akhir yang tidak terduga dan lucu.

Jenis – Jenis Spoof Text

Spoof text memiliki beberapa jenis berdasarkan dari letak twist nya dan ulasannya sebagai berikut :

1. Humorous Twist

Banyak cerita yang menggunakan bahasa Inggris yang mengandung kejutan pada bagian akhiran yang menyenangkan, mengharukan dan menyejukkan hati. Tipe humorous ini adalah tipe yang bagian akhir ceritanya lucu. Kadang-kadang disebut juga sebagai lighthearted twist.

2. Ironic Twist

Yang selanjutnya ada Ironic twist. Meskipun banyak ending sebuat cerita bahasa Inggris yang berupa hal yang dapat membuat kita merasa bahagia dan menyejukkan hati, ternyata tidak semua begitu, lho. Ada yang berupa ironis, yaitu biasanya yang menunjukkan sisi gelap dari sifat alamiah manusia.

3. Misconception Twist

Dan yang ketiga ialah misconception twist dimana Selain twist yang membuat akhir cerita lucu dan ironis, terdapat juga miskonsepsi. Yakni ketika narator memiliki informasi yang salah, yang dibangun sejak awal cerita, sehingga

membentuk pemahaman atau persepsi yang keliru sepanjang cerita berjalan, dan memberikan akhiran yang tidak terduga. Misalnya seperti hantu yang tidak mengetahui dirinya sudah mati hal ini yang membuat para pendengar atau pembaca sejak awal menjadi salah pengertian atau presepsi dari cetita tersebut..

Generic Structure of Spoof Text

1.Orientation

Paragraf ini berisi tentang informasi terkait siapa saja pelaku yang ada dalam cerita. Selain itu, di dalamnnya juga terdapat informasi terkait kapan dan di mana cerita ini berlangsung. Jadi pembaca akan mengetahui siapa saja tokohnya, tepat kejadian, dan kapan waktu kejadian cerita.

2. Events

Paragraf selanjutnya akan membicarakan tentang apa saja hal yang sudah terjadi. Apa saja yang sudah dilakukan oleh pelaku yang terdapat dalam cerita. Biasanya hal-hal yang terjadi di dalam spoof text akan disampaikan secara berurutan waktu kejadian.

3. Twist

Paragraf terakhir dari spoof text berupa kejadian atau keadaan yang mengejutkan dan akan menjadi akhir dari cerita. Kejadian atau keadaan ini harus berupa sesuatu yang tidak diketahui atau diduga-duga oleh pembaca.

Berdasarkan struktur ini, kamu mungkin berpikir bahwa spoof text punya kemiripan dengan recount text. Hal ini dikarenakan keduanya sama-sama memiliki bagian orientation dan bagian event. Selain itu keduanya mengeksplorasi kejadian yang sudah terjadi di masa lalu, dapat berupa cerita imajinatif atau cerita nyata.

Tetapi kamu dapat membedakan spoof text dengan recount text dari tujuannya dan struktur teksnya. Spoof text bertujuan hanya untuk menghibur pembaca dengan paragraf akhir teksnya berupa kejutan yang tidak diduga pembaca. Sedangkan recount text bertujuan untuk memberikan informasi mengenai suatu kejadian pada pembaca atau menghibur pembaca, dan paragraf akhirnya berupa reorientation atau rangkuman dan kesimpulan dari keseluruhan cerita.

Contoh Spoof Text

Counting Donkeys

One day Abu Ali went to the fair and bought nine donkeys. He rode home on one of them the rest of the donkeys followed behind.

After a while, Abu Ali said to himself, “I must make sure all my donkeys are here.” And he turned round to count them.
“One, two, three, four, five, six, seven, eight. Oh! Where’s number nine?” Abu Ali cried
He jumped down from his donkey. He looked behind the rocks and behind the trees. But there was no donkey to be seen.
“I’ll count them again,” Abu Ali said. “One, two, three, four, five, six, seven, eight, nine. Oh, he must have come back.”
So Abu Ali climbed back onto the donkey and trotted away.
After a while, he counted his donkeys again. He counted only eight! Once more he looked behind the rocks and behind the trees. But there was no donkey to be seen.
“I will count again,” he said, and this time there were nine.

Just then Abu Ali saw his friend Musa walking along the road. “Musa,” he called. “Help me to count my donkeys. I keep losing one. When I stop to count I have only eight, but when I get down looking for the ninth, there he is again!”
“Well, I can see ten donkeys, Abu Ali,” laughed Musa. “And the tenth donkey’s name is Abu Ali.”

Well guys, itulah tadi ulasan dari Pengertian Struktur dan Contoh Spoof Text yang berhasil kami sajikan dan dapat kalian pahami tak hanya membuat kalian lebih menarik juga dapat membantu kalian untuk meningkatkan skill berbahasa inggris yang dimiliki.

Terimakasih banyak kami selalu ucapkan ke kalian semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel kami dan sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Semangat selalu untuk belajar ya adik-adik pintar.

Related Posts
Materi Past Continuous Tense Kelas 8 SMP
Materi Past Continuous Tense Kelas 8 SMP

Materi Past Continuous Tense Kelas 8 SMP - Hallo students, how are you today ? I hope you are always Read more

Manfaat Etos Kerja: Kunci Kesuksesan dan Produktivitas
Manfaat Etos Kerja

Pada artikel ini situs resmi Prakerja.Co.Id akan membahas manfaat etos kerja dan bagaimana hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas serta menciptakan Read more