Penjelasan Rumus dan Fungsi Present Perfect Tense

Penjelasan Rumus dan Fungsi Present Perfect Tense – Hallo students, apa kabarnya kalian ini hari? mudah-mudahan pada kondisi sehat wal afiat selalu dan terus semangat untuk belajar materi bahasa inggris mengenai wujud tenses bahasa inggris persisnya di kelas 9 SMP ini.

Tahukah kalian ada berapakah wujud tenses yang kita dalami dari semua materi bahasa inggris? Yap, jawabnya adalah ada 16 wujud tenses. Fungsinya pelajari wujud tenses ini secara baik pasti akan punya pengaruh dalam kekuatan berbahasa inggris kalian.

Di artikel edisi ini hari, kita akan belajar mengenai keluarga tenses yang terkait dengan periode lampau. That’s the fact, tenses mengenai periode lalu tidak hanya sederhana past tense, guys. Tetapi, benar ada beberapa tenses yang mempunyai keserupaan dalam peranan dan pemakaian, hingga kadang membuat kita sedikit tertipu dan rancu.

Present Perfect Tense

Untuk membandingkannya, pasti kita perlu menyimak kerangka tiap kalimat dan rajin isi latihan soal. Sebagai contoh, jika kamu lihat, sederhana past tense dan present perfect tense sama berperan untuk mengatakan kejadian yang terjadi di periode lampau. agar tidak kebingungan langsung kita bahas materinya.

Pembahasan Materi Present Perfect Tense

Pemahaman/Pengertian Present Perfect Tense

Present perfect tense ialah satu skema kalimat dengan peralihan wujud kata kerja yang dipakai untuk mengatakan/mengutarakan satu tindakan/kejadian masa lampau yang bersambung sampai sekarang.

Maka kejadiannya barusan terjadi, tetapi hasil atau akibatnya karena kejadian itu bisa kelihatan dan dapat dirasa di saat perbincangan terjadi. Disamping itu, tenses ini umumnya dipakai untuk memperlihatkan kejadian atau mengulas mengenai pengalaman/peralihan yang terkait dengan satu tempat.

Rumus Present Perfect Tense dan Skema Kalimatnya

Present Perfect Tense rumus

Kamu masih ingat tidak dengan ulasan berkenaan sederhana present tense yang mempunyai dua tipe kalimat? Yup! Dalam present tense, ada tipe kalimat kalimat nominal dan verbal. Rupanya, ke-2 tipe kalimat itu berada di present perfect tense , guys. Oleh karena itu, rumus dari present perfect tense terdiri jadi dua.

1. Verbal Sentences (kalimat verbal) Present Perfect Tense

Pada kalimat verbal, sesudah subyek akan dituruti oleh kata kerja (V) alias verb. Nach, tenses ini memakai kata kerja ke-3 a.k.a verb 3, guys. Saksikan rumus berikut:

(+ ) S + have/has + V3

(- ) S + have/has + not + V3

(? ) have/has + S + V3

Contoh kalimat:

Wujud kalimat positif:
I have eaten three a day. (Saya telah makan 3x sehari.)

Wujud kalimat negatif:
They have not paid their orders. (Mereka belum bayar pesanan-pesanan mereka.)

Wujud Kalimat Interogatif:
Have they surprised Cintia? (Apa mereka telah memberikan surprise pada Cintia ?)

Nominal Sentences (kalimat nominal) Present Perfect Tense

Kalimat nominal ialah kalimat yang tidak memiliki kandungan kata kerja seperti kata karakter, kata kata info, dan benda. Yok, saksikan rumusnya berikut ini!

(+ ) S + has/have + been + adjective/adverb/noun

(- ) S + has/have + not + been + adjective/adverb/noun

(? ) has/have + S + been + adjective/adverb/noun + ?

Contoh kalimat:

(+) You have been a creative writer since 2018. (Kamu sudah jadi seorang penulis inovatif semenjak tahun 2018.)

(-) We have not been hungry. (Kita belum berasa lapar.)

(? ) Has she been very busy this week? (Apa ia benar-benar repot minggu ini ?)

Lihat catatan penting dalam ke-2 rumus di atas:

Have/has terhitung ke auxiliary verb.

Auxiliary “have” dipakai untuk subyek I, you, dan plural subject yang lain, seperti; plural pronoun (they, we), plural noun (boys, men), dan compound subject dalam kata hubung “and” (you and I, Masha and David).

Kebalikannya, auxiliary “has” berlaku pada singular subject, yakni kata tukar orang ke-3 atau umum juga dikenal sebagai third-person singular pronoun (he, she, it), dan singular noun seperti penyebutan nama orang (Grace, Cerci, etc).

Di bagian kalimat interrogative, musuh berbicara cukup menjawab dengan “Yes, (I/you/we/they) have” atau “Yes, (he, she, It) has” untuk jawaban “Iya “.
Dalam pada itu, jika jawabnya “Tidak”, karena itu dapat tambah not, seperti “No, (I/you/we/they) haven’t” atau “No, (he, she, It) hasn’t “.

Well Students tersebut barusan rincian komplet berkenaan wujud tenses Present Perfect Tense yang sukses kami suguhkan dan mudah-mudahan sesudah kalian membaca materi ini dapat pahami apakah yang dimaksud dan berguna menambahkan wacana kalian dan kekuatan berbahasa inggris kalian, Sampai jumpa di posting artikel lainnya.

baca juga :

Penjelasan dan Contoh Gerund dalam Bahasa Inggris

Mengenal Struktur Report Text dan Contohnya

Related Posts
Mengenal Karakteristik Benua Asia, IPS Kelas 9
mengenal karakteristik benua asia

Hai teman-teman kembali lagi bersama kami situs resmi Prakerja.Co.Id, kali ini kami akan membahas tentang apa ya ?, ya betul Read more

Materi Bahasa Inggris About Adverb
Materi Bahasa Inggris About Adverb

Materi Bahasa Inggris About Adverb - Hallo students, how are you today? I hope you are fine as always. Di Read more