Sejarah Penemuan Dan Komponen Penyusun Sel, Biologi Kelas 11

Prakerja.Co.Id : Pada episode kali ini kita akan membahas tentang sejarah penemuan dan komponen penyusun sel khusus bagi kalian yg masih duduk dibangku kelas 11 atau 2 SMA, tentu lagi viral-viral nya mempelajari mata pelajaran ini ya.

Oh ya teman-teman sekarang sudah banyak ya teknologi dalam mengatasi masalah kesehatan salah satunya teknologi berikut; teknologi ini adalah salah satu teknologi medis terbaru yang dapat membantu ahli bedah mendeteksi jaringan tumor yang berpotensi kanker Wah keren banget kan jadi ahli bedah nggak perlu lagi mengirimkan sampel untuk uji coba di laboratorium papologi

Nah teman-teman teknologi tadi dinamakan dengan mespack kan yang fungsinya untuk mendeteksi kanker sebenarnya kanker berasal dari jaringan tubuh yang membelah secara normal sehingga membahayakan sel-sel lainnya

Apa Itu Sel ?.

Jadi apa itu sel cari tahu di video kali ini jangan lupa tentang terus sampai selesai ya Tahukah kamu bagaimana sejarah penemuan dan perkembangan sel ada beberapa ahli yang dikenal dalam penemuan sel,

sejarah penemuan sel

Sejarah Penemuan & Perkembangan Sel

1. Robert Hooke (1665)
2. Robert Brown (1831)
3. Mathias Jacob Schleiden & Theodor Schwan (1838)
4. Rudolf Virchow (1858)
5. Felix Durjadin (1869)
6. Max Schultze (1874)

Robert Hoke (1665)

Dia adalah orang yang pertama kali mengemukakan tentang sel dia mengamati sayatan melintang gabus dan menemukan ruang kecil yang disebutnya sel jadi gabus ini adalah sel mati yang kosong tanpa ada isinya.

Robert Brown (1831)

Nah ahli yang kedua adalah Robert Brown, yang menyatakan bahwa sel merupakan suatu ruangan kecil dibatasi oleh membran yang didalamnya terdapat cairan atau protoplasma.

Mathias Jacob Schleiden & Theodor Schwan (1838)

Dan selanjutnya ada Mathias Jacob Schleiden & Theodor Schwan, dan mereka mengamati sel yang berbeda dan mengamati sel tumbuhan sedangkan takwan mengamati sel hewan nah mereka menyatakan bahwa tubuh makhluk hidup tersusun atas unit-unit kecil yang disebut sel dan mereka menyimpulkan bahwa sel adalah unit struktural makhluk hidup nah teman-teman Berarti udah 3 Alya yang kita bahas.

Rudolf Virchow (1858)

Nah ahli yang keempat Rudolf virchow dia menyatakan bahwa sel berasal dari sel sebelumnya yang dikenal dengan pernyataan omne cellula Ex cellula.

Felix Durjadin (1869)

Oke selanjut Nya Felix durjadin dia menyatakan bagian yang paling penting dari sel adalah cairan sel cairan sel ini diberi nama protoplasma oleh Johanes purkinye.

Max Schultze (1874)

Ahli yang terakhir Maksum yang mengemukakan bahwa sel adalah unit fungsional makhluk hidup yang didasarkan adanya protoplasma sebagai dasar fisik kehidupan jadi di sitoplasma ini berlangsung berbagai proses yang mendasari kehidupan makhluk hidup

Luar biasa ya hasil penemuan para ahli mereka merumuskan perkembangan sel dari sel mati hingga sel yang mendasari kehidupan kita.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa sel merupakan unit terkecil makhluk hidup yang dapat melaksanakan proses kehidupan walaupun ukurannya sangat kecil tapi beratnya sangat besar ya lalu tersusun atas apa saja ya Sel ini ?

Komponen Kimia Penyusun Sel

Unsur

Ada unsur dan senyawa nah unsur yang menyusun sel dibedakan menjadi dua Pertama unsur makro artinya unsur yang ditemukan dalam jumlah yang besar di dalam sel kedua ada unsur mikro artinya unsur yang ditemukan dalam jumlah yang sedikit di dalam sel.

Senyawa

Dan selanjutnya kita bahas senyawa penyusun sel, nah sanyawa ini juga dibedakan menjadi dua macam pertama senyawa organik kedua ada senyawa anorganik kita bahas satu persatu :

komponen kimia penyusun sel

Senyawa Organik

1. Karbohidrat

Senyawa organik senyawa organik yang pertama adalah karbohidrat karbohidrat tersusun atas atom karbon hidrogen oksigen karbohidrat merupakan sumber energi dan komponen penting untuk dinding sel karbohidrat,

pada membran sel berupa oligosakarida dan polisakarida yang berikatan dengan protein dan lipid membentuk glikoprotein dan glikolipid karbohidrat juga berfungsi sebagai bahan baku proses respirasi sel.

Karbohidrat

2. Protein

Senyawa organik selanjutnya adalah protein yang merupakan unsur organik terbesar yang menyusun sebuah sel protein tersusun atas asam amino dan beberapa unsur protein yang menyusun sel dapat dibedakan menjadi dua jenis ;

ada protein struktural yang berperan dalam pembentukan struktur sel dan ada protein fungsional yang berperan dalam pengaturan aktivitas sel misalnya enzim dan hormon.

Protein

3. Lemak

Senyawa organik terakhir adalah lemak atau lipid yang tersusun atas karbon hidrogen dan oksigen dalam sel terdapat banyak lipid penting diantaranya fosfolipid glikolipid dan steroid

tapi yang paling banyak dalam sel adalah fosfolipid lipid memiliki beberapa fungsi yaitu membentuk membran plasma bersama protein dan karbohidrat dan sebagai sumber energi cadangan bagi sel gimana sampai disini teman-teman bisa paham ya.

Lemak

Senyawa An Organik

1. Air

Nah kalau tadi yang organik Udah kita bahas sekarang kita lanjut ke senyawa anorganik air merupakan komponen utama dalam protoplasma jumlahnya mencapai 50 sampai 95%

Fungsi air diantaranya adalah sebagai media berlangsungnya reaksi-reaksi kimia di dalam sel dan sebagai bahan baku hidrolisis dalam transportasi zat.

baca juga : fungsi sistem pencernaan manusia

Air

2. Garam Mineral

Dan yang kedua garam mineral yang mengalami ionisasi dalam protoplasma membentuk ion berupa Kation dan anion,

Ion-ion ini berfungsi untuk mempertahankan tekanan osmotik dan keseimbangan asam basa dalam sel contoh garam mineral adalah natrium klorida magnesium klorida kalsium sulfat kalium dihidrogen fosfat anhidrat dan natrium bikarbonat.

garam mineral

3. Gas

Berikutnya gas yang terlibat dalam aktivitas sel adalah oksigen karbondioksida dan amonia mereka punya peran sendiri ya oksigen yang diperlukan untuk respirasi sel Karbondioksida merupakan hasil samping respirasi sel dan fermentasi sel kalau bagi tumbuhan digunakan untuk fotosintesis sedangkan gas amonia merupakan zat sisa hasil pemecahan protein Gimana udah paham tentang sel dan penyusunnya.

Gas

Demikianlah materi seputar sejarah penemuan dan komponen penyusun sel yang bisa kami bagikan untuk temen-temen agar tetap semangat belajar ya, semoga bermanfaat dan sukses selalu. Terima kasih.

Related Posts
10 Apk Penghasil Uang Terbaru yang Akan Mengubah Hidup Anda!
apk penghasil uang

Pada kesempatan kali ini situs resmi Prakerja.Co.Id akan membahas informasi seputar apk penghasil uang, nah bagi temen-temen yang sedang BU Read more

Pengertian Sublimasi dan Contohnya: Proses Fisika yang Menakjubkan
Pengertian Sublimasi dan Contohnya

Pengertian Sublimasi dan Contohnya: Sublimasi adalah fenomena fisika di mana zat padat langsung berubah menjadi gas tanpa melalui tahap cair Read more