Simbol Keselamatan Kerja Laboratorium Sains dan Tanda Artinya

Simbol Keselamatan Kerja Laboratorium – Bergantung pada penelitian ilmiah yang dilakukan, laboratorium dapat diisi dengan bahan kimia berbahaya, zat radioaktif, spesimen biologis, instrumen tajam, barang pecah belah, dan benda yang mudah terbakar.

Oleh karena itu, mereka yang bekerja di laboratorium harus sangat menyadari banyaknya bahaya yang terkait dengan barang-barang ini. Untuk menjaga tempat kerja yang aman, menghindari bahaya kesehatan, dan kecelakaan yang mudah terbakar, simbol keselamatan lab dan tanda bahaya kesehatan perlu dipasang di seluruh tempat kerja.

Peneliti, staf, dan pengunjung harus memperhatikan dan memahami informasi komunikasi bahaya pada tanda keselamatan laboratorium, termasuk bahan berbahaya tertentu (biologis, kimia, radiologis), bahaya fisik (laser, medan magnet) yang ada di ruangan,

tindakan pencegahan yang dinyatakan (tidak ada makanan atau minum diperbolehkan), dan alat pelindung diri yang diperlukan (jas lab, pelindung mata, sarung tangan, dll.). Simbol keselamatan laboratorium berikut memperingatkan kemungkinan bahaya di laboratorium untuk membantu profesional laboratorium tetap aman dan terinformasi.

Simbol Keselamatan Kerja Laboratorium

Inilah Simbol Keselamatan Kerja Laboratorium Sains Beserta Artinya

1. Sarung Tangan Diperlukan

Sarung Tangan Diperlukan

Cari simbol keselamatan sarung tangan dan tanda bahaya untuk mengidentifikasi kapan pelindung tangan harus dipakai untuk menangani bahan berbahaya, bahkan dalam jumlah kecil. Penting untuk memilih jenis sarung tangan yang sesuai untuk bahaya yang ada, seperti sarung tangan tahan bahan kimia, sarung tangan tahan panas, dll.

Ketahuilah bahwa tidak ada sarung tangan tahan bahan kimia yang melindungi dari semua bahaya bahan kimia. Baca Lembar Data Keamanan Bahan untuk panduan tentang jenis sarung tangan yang sesuai untuk dipakai, atau konsultasikan dengan distributor peralatan lab untuk bagan perbandingan sarung tangan vs bahan kimia saat memilih sarung tangan tahan bahan kimia. Ketahuilah bahwa beberapa bahan dapat menyebabkan reaksi pada beberapa pekerja seperti alergi terhadap lateks. Pastikan sarung tangan terpasang dengan benar.

2. Peringatan Umum

Peringatan Umum

Simbol keselamatan laboratorium peringatan umum terdiri dari tanda seru hitam dalam segitiga kuning. Seperti yang Anda duga, ini merupakan peringatan umum bagi staf laboratorium bahwa ada bahaya.

Simbol ini dapat ditemukan di peralatan, pintu masuk, lemari, atau area lab lainnya. Ini memberikan pengingat yang baik untuk bekerja dengan aman dan memeriksa apakah Anda tidak yakin dengan prosedur keselamatan untuk peralatan atau area tertentu di lab.

3. Iritan Berbahaya

Iritan Berbahaya

Zat yang diberi label dengan simbol iritan tidak bersifat korosif, tetapi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan kemerahan, iritasi, atau kulit melepuh.

Pekerja laboratorium harus menangani iritasi dengan hati-hati. Bekerja dengan iritan di lemari asam dapat membantu individu menghindari penghirupan. Contoh zat iritan termasuk amonia, kloroform, dan klorin.

4. Titik Pertemuan Darurat

Titik Pertemuan Darurat

Tanda titik pertemuan darurat menandai tempat yang aman, baik di dalam maupun di luar gedung, tempat karyawan laboratorium harus bertemu jika terjadi keadaan darurat (tumpahan bahan kimia, kebakaran, dll.) atau latihan darurat.

Dalam pelatihan keselamatan mereka, karyawan harus mengetahui lokasi titik darurat, atau titik pertemuan terdekat dengan lokasi mereka jika ada beberapa titik pertemuan.

Lokasi tersebut harus cukup besar untuk menampung semua karyawan jika terjadi evakuasi. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk memiliki titik pertemuan cadangan jika yang utama telah dihancurkan atau tidak dapat diakses karena keadaan darurat yang terjadi.

5. Racun/Bahan Beracun

Racun Bahan Beracun

Simbol bahan beracun menunjukkan adanya zat yang dapat membahayakan seseorang jika masuk ke dalam tubuh. Kemungkinan rute paparan bahan beracun adalah melalui inhalasi, kontak kulit, dan konsumsi.

Bahaya dan efek kesehatan yang terkait dengan bahan beracun bergantung pada bahan tertentu yang dimaksud, rute pemaparan, dan konsentrasi bahan tersebut.

6. Bahaya Bahan Korosif

Tanda keselamatan laboratorium bahaya bahan korosif menunjukkan zat korosif di laboratorium yang dapat menggerogoti kulit jika Anda bersentuhan langsung dengannya.

Bahan-bahan tersebut harus selalu disimpan pada kondisi kelembaban dan suhu yang tepat di lemari yang tepat. Semua karyawan yang menangani zat korosif harus dilatih dengan benar dan memakai sarung tangan, pakaian pelindung, dan pelindung wajah.

Bahaya Bahan Korosif

7. Bahaya Ledakan

Simbol bom meledak akan muncul pada bahan kimia di lab yang memiliki sifat mudah meledak; ini termasuk bahan peledak yang tidak stabil (bahan kimia padat atau cair yang dapat menimbulkan reaksi kimia yang merusak lingkungan),

zat dan campuran yang bereaksi sendiri (zat dan campuran yang dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan tanpa adanya udara), dan peroksida organik.

Bahaya Ledakan

8. Tegangan tinggi

Simbol peringatan tegangan tinggi, yang mencakup panah petir dalam segitiga kuning, memperingatkan tegangan yang cukup tinggi untuk menyebabkan cedera serius atau kematian.

Secara umum, Anda harus menjauhi peralatan atau area lab yang ditandai dengan simbol ini, meskipun jika Anda harus bekerja di dekat bahaya tersebut, pakaian pelindung dan sarung tangan karet harus dipakai.

Tegangan tinggi

9. Selimut api

Tanda keselamatan selimut api menunjukkan di mana selimut api berada di lab. Ditempatkan dalam wadah atau tidak, selimut wol digunakan untuk memadamkan api dan untuk menampung dan mengendalikan tumpahan bahan kimia.

Jika seseorang di lab terbakar, dia harus turun ke tanah dan mulai berguling untuk memadamkan api. Personel lab dapat membantu dengan menggunakan selimut untuk mempercepat pemadaman api, mencegah cedera lebih lanjut. Selimut api cukup besar untuk menutupi sebagian besar orang, menghilangkan oksigen yang dibutuhkan api untuk terus menyala.

Selimut api

10. Pemadam Api

Kebakaran dapat terjadi di mana saja, tetapi kebakaran lab dapat menjadi lebih berbahaya karena pembakar Bunsen, cairan yang mudah terbakar, dokumen penelitian, laptop, dan peralatan lab yang mungkin ada pada waktu tertentu. Karena keadaan unik ini, setiap laboratorium harus disiapkan dengan alat pemadam api yang benar, persyaratan inspeksi, dan pelatihan.

Penting bagi penghuni laboratorium untuk sepenuhnya menyadari risiko dan media pemadam yang sesuai. Tanda keselamatan alat pemadam api menunjukkan lokasi yang tepat dari alat pemadam api laboratorium.

Pemadam Api

11. Makanan & Minuman Dilarang

Tanda larangan keamanan makanan dan minuman memberi tahu pegawai laboratorium bahwa makan dan/atau minum di tempat bahan berbahaya digunakan, ditangani, atau disimpan tidak diizinkan, karena aktivitas tersebut dapat mengakibatkan tertelannya bahan berbahaya (kimia, biologi, dan/atau bahan berbahaya) secara tidak sengaja. atau radiologis).

Wadah makanan atau minuman tidak boleh disimpan di laboratorium dan gelas minum yang sudah dicuci, wadah makanan, atau peralatan makan tidak boleh dikeringkan di rak pengering laboratorium. Kulkas yang digunakan untuk penyimpanan bahan penelitian tidak boleh digunakan untuk penyimpanan makanan atau minuman.

Makanan & Minuman Dilarang

12. Tidak Ada Alat Pacu Jantung atau Implan Logam

Tanda keselamatan lab tanpa alat pacu jantung atau implan logam digunakan untuk memperingatkan staf lab tentang bahaya medan magnet yang kuat. Hal ini disebabkan oleh instrumen laboratorium yang menggunakan magnet superkonduktor seperti spektrometer resonansi magnetik nuklir (NMR).

Staf dengan alat pacu jantung atau implan logam tidak dapat bekerja di area laboratorium tersebut dan staf lain harus berhati-hati untuk melepaskan benda logam seperti perhiasan, jam tangan, uang receh, dll. sebelum memasuki area ini, untuk mencegah cedera.

Tidak Ada Alat Pacu Jantung atau Implan Logam

Baiklah guys itulah tadi sekitar 12 simbol keselamatan kerja laboratorium sains dan artinya yang harus kalian pahami terutama ketika kalian sedang melakukan praktek sains di dalam laboratorium sekolah sehingga tidak melakukan hal-hal sembarangan yang kemungkinan berbahaya.

Terimakasih banyak sudah membaca artikel yang prakerja.co.id sajikan semoga bermanfaat yah. Sampai jumpa pada pembahasan materi selanjutnya dan jangan pernah malas untuk belajar karena itu salah satu kunci kesuksesan masa depan.

Related Posts
Menginspirasi dengan Contoh Teks Editorial Terbaik: Pelajaran Berharga untuk Penulis Masa Depan!
Contoh Teks Editorial

Contoh Teks Editorial: Panduan praktis menulis teks editorial yang menarik, informatif, dan menginspirasi pembaca. Sukses di dunia penerbitan!. Teks editorial Read more

Sifat – Sifat Cahaya Materi Kelas 4 Tema 5
Sifat - Sifat Cahaya Materi Kelas 4 Tema 5

Sifat - Sifat Cahaya Materi Kelas 4 Tema 5 - Hai adik-adik yangs saat ini duduk di kelas 4 sd Read more