Bangun Ruang Kelas 5 SD Volume Kubus dan Balok

Bangun Ruang Kelas 5 SD Volume Kubus dan Balok – Hai adik-adik, buat kalian yang saat ini duduk di kelas 5 sd tentunya materi pelajaran akan semakin meningkat tingkat kesulitannya. Tetapi jangan menjadi beban fikiran

karena kesulitan itu akan ada solusinya dengan rajin membaca dan belajar, terlebih untuk materi matematika yang sangat menyenangkan ini kalian bisa lebih rajin lagi untuk latihan mengerjakan soal-soal.

Ulasan materi kali ini tentang bangun ruang, ada banyak jenis bangun ruang seperti kubus, balok, limas, kerucut dan lain-lainnya. tetapi di artikel ini khusus akan mengulas tentang volume dari kubus dan balok.

Bangun Ruang Kelas 5 SD Volume Kubus dan Balok

Mengenal Kubus dan Balok

Pengertian Kubus

Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam sisi yang berbentuk persegi. Kubus mempunyai enam sisi yang berukuran sama (kongruen), mempunyai delapan titik sudut, dan dua belas rusuk yang sama panjang. Kubus di atas dapat kita beri nama sebagai kubus ABCD.EFGH.

Rusuk Kubus

materi volume kubus dan balok kelas 5 sd pdf

Perhatikan kembali kubus pada gambar 1 di atas.

Berapa banyak rusuk pada kubus ABCD.EFGH?

Pada kubus tersebut terdapat 12 rusuk.
Rusuk-rusuk pada kubus memiliki ukuran yang sama panjang.
Rusuk AB sejejar dengan rusuk CD, EF, dan GH.
Rusuk BC sejajar dengan rusuk AD, EH, dan FG.
Rusuk AE sejajar dengan rusuk BF, CG, dan DH.

Pengertian Balok

Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya berukuran berbeda. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun disebut sebagai kubus.

rpp volume kubus dan balok kelas 5 sd

Ciri-ciri balok :

Memiliki 6 buah sisi
Memiliki 12 rusuk
Memiliki 12 diagonal bidang
Memiliki 8 titik sudut
Memiliki 4 diagonal ruang
Memiliki 6 bidang diagonal
Memiliki luas permukaan dan volume

Cara Menghitung Volume Kubus dan Balok

Kubus

Rumus volume kubus v = s x s x s

keterangan : s = sisi

contoh :

Balok

Rumus volume balok v = p x l x t

keterangan :
p = panjang
l = lebar
t = tinggi

contoh :

Contoh Soal Menghitung Volume dari Kubus dan Balok

1. Bangun kubus mempunyai sisi sebanyak ….
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6

2. Jumlah rusuk kubus sebanyak ….
a. 15
b. 12
c. 6
d. 8

3. Bangun kubus adalah bangun yang sisi-sisinya berbentuk ….
a. Segitiga
b. Persegi
c. Persegi panjang
d. Trapesium

4. Rumus untuk mencari volume kubus adalah ….
a. V = s x s
b. V = r x r x r
c. V = p x l x t
d. V = s x s x s

Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 5 – 7

5. Volume gambar nomor I adalah ….
a. 343 cm³
b. 1.000 cm³
c. 512 cm³
d. 729 cm³

6. Volume gambar nomor II adalah ….
a. 1.331 cm³
b. 1.728 cm³
c. 1.000 cm³
d. 3.375 cm³

7. Volume gambar nomor III adalah ….
a. 3.375 cm³
b. 125 cm³
c. 15.625 cm³
d. 42.875 cm³

8. Andi mempunyai kardus berbentuk kubus yang mempunyai panjang sisi 40 cm. Volume kubus milik Andi adalah …. cm³
a. 64.000
b. 54.000
c. 16.000
d. 1.600

9. Rino mempunyai kotak pensil berbentuk kubus dengan panjang sisinya 20 cm. Lalu Doni juga punyak kotak pensil berbentuk kubus dengan panjang sisi 15 cm. Selisih volume kotak pensil mereka berdua adalah …. cm³
a. 4600
b. 8.000
c. 3.375
d. 4.625

10. Balok mempunyai jumlah rusuk sebanyak ….
a. 12 buah
b. 15 buah
c. 6 buah
d. 8 buah

Jawaban :

1. d. 6

2. b. 12

3. b. Persegi

4. d. V = s x s x s

5. b. 1.000 cm³

6. b. 1.728 cm³

7. c. 15.625 cm³

8. a. 64.000

9. d. 4.625

10. a. 12 buah

Nah adik-adik semua, itulah tadi ulasan materi kelas 5 SD mengenai bangun ruang kelas 5 sd volume kubus dan balok yang berhasil kami rangkumkan untuk kalian. Terimakasih banyak sudah membaca artikel kami.

Related Posts
Tata Cara Ibadah Haji dan Umrah
Ibadah Haji dan Umrah

Ibadah Haji dan Umrah adalah dua jenis ibadah suci yang sangat penting dalam agama Islam. Ibadah haji adalah salah satu Read more

Unsur Cuaca dan Iklim: Pentingnya Memahami Perbedaannya
Unsur Cuaca dan Iklim

Unsur Cuaca dan Iklim: Cuaca dan iklim adalah dua konsep yang sering kali disamakan, padahal keduanya memiliki perbedaan yang penting Read more