Pengertian dan Cara Penulisan EYD yang Benar

Pengertian dan Cara Penulisan EYD yang Benar – Halo guys, pernahkah kalian mendengar istilah EYD dalam pelajaran bahasa indonesia? atau kalian diberi tugas untuk membuat karya tulis ilmiah dengan penulisan EYD dan tepat. EYD merupakan kepanjangan dari

Ejaan yang disempurnakan. tapi apasih pengertian EYD itu? dan bagaimana aturan penulisan yang benar? EYD menjadi salah satu materi penting dalam bahasa indonesia dan mulai diperkenalkan ketika kalian duduk di bangku SMP.

Kalau kalian berhasil menguasai materi ini tentu akan sangat berguna sampai nanti kalain di universitas. Ketika kalian membuat skripsi ataupun tesis. nah langsung saja ke pengertian EYD dan cara penulisannya.

Pengertian dan Cara Penulisan EYD yang Benar

Pengertian EYD

Seperti yang telah kita bahas di pembukaan diatas kalau EYD ini ialah ejaan yang sudah disempurnakan, dengan demikian, artinya keseluruhan kata atau kalimat telah diatur sedemikian rupa yang sudah disempurnakan guna membuat sebuah karya tulis ilmiah menjadi lebih sempurna penulisannya. Dibawah ini adalah penulisan EYD yang harus kalian pahami.

Penulisan Huruf Kapital / Huruf Besar

Huruf Kapital atau huruf besar tentunya kalian sudah tahu ya bagaimana bentuknya karena sudah diajarkan sejak masih TK dan berikut ini beberapa peraturan penulisan hurufnya :

1. Huruf Pertama Dalam Suatu Kalimat

Tentunya cara penulisan ini umum sudah diketahui ya guys, dimana penggunaan huruf kapital dalam EYD ialah untuk digunakan pada huruf pertama dalam kata pertama juga di suatu kalimat.

Contoh:

Hari minggu merupakan hari libur dan anak-anak sangat bahagia.

Orang akan tertawa saat melihat atau mengetahui hal-hal yang lucu.

2. Huruf Pertama Pada Kalimat Langsung

Maksudnya ialah huruf pertama ketika ada kalimat langsung yang menyatakan sesuatu yang biasanya ditulis menggunakan tanda petik meskipun berada di tengah ataupun akhir kalimat. Contoh penulisannya sebagai berikut guys :

Ibu memarahi aku sambil berkata, “Kenapa kamu bolos sekolah dan pergi main ke warnet?”

Tiba-tiba ada wanita yang menghampiriku kemudian bertanya, “Siapa namamu?”

3. Huruf Pertama yang Mengungkapkan Ketuhanan

Selanjutnya Huruf kapital dalam EYD juga digunakan untuk kata yang berhubungan dengan Tuhan, kitab suci atau sebagai kata ganti untuk menyebutkan tuhan. Contoh penulisan dalam EYD adalah sebagai berikut.

Jangan berbuat dosa karena Allah maha tahu apa yang kita lakukan.

Tempatkanlah kami di surgaMU.

4. Huruf Pertama Penyebutan Gelar

Huruf kapital pada EYD juga harus digunakan untuk kata yang berkaitan dengan gelar kehormatan, gelar keagamaan, gelar keturunan. Jika anda masih bingung, berikut adalah contoh penggunaanya.

Salah satu pahlawan yang berjasa untuk bangsa Indonesia adalah Pangeran Diponegoro.

Acara doa bersama yang dilakukan di rumah pak Anwar tersebut dipimpin oleh Ustad Ahmad.

5. Untuk Menyingkat Nama Seseorang

Selanjutnya dalam EYD huruf kapital juga digunakan untuk menuliskan singkatan nama seseorang, contohnya :

Presiden yang menjabat di Indonesia pada periode tahun 2009-2014 adalah SBY

A.H Nasution merupakan salah satu nama pahlawan Nasional Indonesia.

EYD Dalam Penulisan Huruf Miring

Huruf miring dalam EYD adalah huruf yang dicetak miring, dimana dalam terminologi tipografi huruf miring sering disebut dengan italic. Huruf italic atau huruf miring biasanya dipakai untuk memberikan penekanan dalam sebuah kata. Huruf miring juga seing digunakan untuk menunjukkan suatu istilah atau kata yang berasal dari bahasa asing. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan huruf miring dalam EYD.

1. Menuliskan Nama / Judul Buku

Penggunaan huruf miring dalam EYD adalah yang pertama untuk menuliskan nama buku atau suatu kalimat. Jadi jika kalian ingin menuliskan judul buku kalian harus menggunakan huruf miring. Agar lebih jelas, berikut adalah contohnya.

Cerita tentang hubungan yang harus pisah, Siti Nurbaya, merupakan novel karya Marah Rusli yang sangat melegenda

Kitab Sutasoma, adalah kitab karangan Mpu Tantular yang dalam kitab tersebut terdapat kalimat Bhinneka Tunggal Ika. Dimana kalimat tersebut dijadikan untuk motto Negara Indonesia hingga saat ini.

2. Menegaskan Kata dalam Kalimat

Huruf miring juga harus digunakan pada suatu kalimat dengan tujuan untuk menegaskan atau mengkhususkan kata tersebut. Agar lebih paham, berikut dibawah ini adalah contoh penggunaanya. Contohnya sebagai berikut :

Huruf b merupakan huruf kedua dalam alphabet

Isilah form dibawah ini menggunakan huruf kapital

baca juga :

3. Menuliskan Nama Latin atau Istilah Ilmiah

Penggunaan huruf latin dalam EYD adalah berikutnya untuk menuliskan nama latin atau juga untuk menuliskan nama ilmiah. Karena setiap tumbuhan atau hewan pastinya memiliki nama ilmiah, nah huruf miring digunakan untuk menuliskan nama latin tersebut. Agar lebih paham. berikut adalah penjelasannya.

Nama ilmiah dari bunga air mata pengantin adalah Antigonon

Semut adalah hewan yang termasuk dalam kelompok serangga. Semut juga merupakan anggota dari keluarga Arthropoda.

Baiklah guys, itulah tadi pengertian dan cara penulisan EYD yang benar, dan ada lanjutannya tentang cara penulisan EYD yang akan tertuang dalam artikel Pengertian dan Cara Penulisan EYD yang Benar part 2. jadi pastikan kalian membaca lanjutannya ya sobat, sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Related Posts
Kimia Kelas 10 SMA Struktur Atom
Partikel Dasar Penyusun Atom

Kimia Kelas 10 SMA Struktur Atom - Halo murid onlineku, apa kabar kalian hari ini? semoga dalam keadaan sehat dan Read more

Pengertian Alinea : Unsur Struktur Syarat dan Contohnya
Pengertian Alinea Unsur Struktur Syarat dan Contohnya

Pengertian Alinea : Unsur Struktur Syarat dan Contohnya - Hai sobat pelajar materi yang akan kita ulas kali ini sama Read more