Contoh Surat Kuasa Perpanjang STNK

Contoh Surat Kuasa Perpanjang STNK – Hai siswa online ku, di artikel kali ini kita akan mengulas tentang contoh pembuatan surat kuasa untuk kepengurusan memperpanjang stnk. Apa sih kepanjangan dari STNK itu? STNK ialah surat tanda nomor kendaran

yang merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh pihak samsat yang menunjukan ke sah an nomor plat pada kendaraan bermotor kalian. Surat ini akan diperpanjang setiap 5 tahun sekali dengan kalian juga akan mengganti no plat kendaraan kalian.

Kepengurusannya bisa secara langsung atau diwakilkan oleh orang dengan memberikan surat kuasa. Karena tidak sembarangan harus sesuai dengan ktp pemiliknya ya. Kalau kalian bingung bagaimana formatnya dan apa sih surat kuasa itu langsung kita ulas di sini.

contoh surat kuasa perpanjang stnk

Berikut Contoh Surat Kuasa Perpanjang STNK

Pengertian Surat Kuasa

Untuk sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu surat kuasa. Jadi surat kuasa perpanjang STNK merupakan surat untuk pemberian suatu wewenang dari pihak pertama kepada pihak lain yang sudah diberikan kepercayaan.

Hal ini dilakukan jika pihak pertama yang mempunyai STNK berhalangan hadir untuk mengurus perpanjang STNK dan memberikan kepercayaan kepada pihak lain. Tapi ada satu hal yang harus kamu ketahui, dalam memberikan wewenang perpanjang STNK adakalanya mempercayai kepada seseorang yang sudah kamu kenal sangat dekat.

Karena STNK merupakan surat berharga yang terbilang salah satu dokumen penting kendaraan bermotor kalian. Maka dari itu, untuk menghindari kehilangan, kamu bisa mempercayai kepada orang yang sangat dekat.

Syarat Membuat Surat Kuasa Perpanjang STNK

  • Nama pemilik KTP dan STNK
  • Nomor polisi kendaraan
  • Merek dan tipe kendaraan
  • Nomor rangka yang sesuai STNK dan BPKB
  • Nomor mesin yang sesuai STNK dan BPKB
  • Nomor BPKB pemilik
  • Materai Rp 10.000
  • Fotokopi KTP pemohon
  • Tanda tangan pemilik kendaraan sesuai KTP dan STNK

Format Surat Kuasa Perpanjangan STNK

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : ………………………
Tempat/tanggal lahir : ………./……………
Kewarganegaraan : ………………………
Pekerjaan : ………………………
Alamat : ………………………
KTP No. : ……………., tanggal ………………..
(selanjutnya disebut ‘Pemberi Kuasa’).
Dengan ini memberi kuasa kepada:
Nama : ………………………
Tempat/tanggal lahir : ………. / …………..
Kewarganegaraan : ………………………
Pekerjaan : ………………………
Alamat : ………………………
KTP No. : ……………., tanggal ………………..
(selanjutnya disebut ‘Penerima Kuasa’).

K H U S U S

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa mengajukan permohonan dan mengurus perpanjangan STNK sampai selesai pada instansi yang berwenang, dengan spesifikasi sebagai berikut :
– Merk/Type : ………………………
– Jenis/Model : ………………………
– Tahun Pembuatan/ Perakitan : ………………………
– Isi Silinder/HP : …… CC
– Warna KB : ………………………
– Nomor Rangka/NIK : ………………………
– Nomor Mesin : ………………………
– Nomor BPKB : ………………………
– Warna TNKB : ………………………

Dengan maksud dan tujuan serta memakai syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang dianggap baik oleh Penerima Kuasa.

Untuk Urusan tersebut, menghadap di mana perlu dan di hadapan siapapun, membuat, menandatangani dan menyerahkan semua surat, permohonan, formulir, dan surat-surat lain, memberi keterangan, membuat surat-surat yang diperlukan atau disyaratkan oleh instansi yang berwenang guna memperoleh pengesahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Singkatnya, melakukan dan mengerjakan tindakan/perbuatan apapun yang diperlukan atau disyaratkan untuk memperoleh pengesahan dari instansi yang berwenang, dan untuk maksud tersebut tidak ada yang dikecualikan.

………………………, November 20….

Pemberi Kuasa, Penerima Kuasa,

[ Materai 6000 ]

File Document + PDF | Download

Baiklah murid onlineku itulah tadi Contoh Surat Kuasa Perpanjang STNK yang bisa kalian gunakan ketika kalian akan melakukan kepengurusan perpanjangan stnk kalian dengan memberikan kuasa pada orang terdekat kalian.

Perhatikan persyaratannya dan pastikan kalian melengkapinya sehingga tidak perlu bolak-balik lagi. Semoga apa yang kami sajikan ini bermanfaat menambah wawasan kalian semua. Sampai Jumpa di postingan artikel berikutnya.

Baca juga : Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Related Posts
Resep Bolu Kukus Tanpa Mixer Anti Gagal yang Mudah dan Praktis!
Resep Bolu Kukus Tanpa Mixer Anti Gagal

Bolu kukus tanpa mixer, resep anti gagal untuk sajian lezat dan praktis. Buat sendiri di rumah!. Bolu kukus merupakan salah Read more

Pengertian Pancasila Secara Umum
Pengertian Pancasila Secara Umum

Pengertian Pancasila Secara Umum : Pancasila, sebagai dasar negara Republik Indonesia, memegang peranan kunci dalam membentuk fondasi dan karakter bangsa. Read more