Ekonomi kelas 7 Motif dan Prinsip Ekonomi

Ekonomi kelas 7 Motif dan Prinsip Ekonomi – Hai siswa onlineku artikel kali ini kita akan mengulas tentang motif dan prinsip ekonomi yang termasuk dalam materi pelajaran IPS kelas 7 SMP akan melakukan berbagai macam kegiatan demi memenuhi kebutuhannya dan mencapai kemakmuran.

Semua kegiatan ini disebut dengan perbuatan ekonomi ialah untuk mengendalikan agar pengeluaran tidak melebihi pendapatan sehingga dengan pendapatan yang kita peroleh dapat memenuhi kebutuhan secara efektif.

Tindakan ekonomis harus dilakukan secara rasional dan penuh tanggung jawab jujur dan santun kegiatan ekonomis bila bila dilakukan secara rasional akan mendapatkan hasil yang maksimal setiap orang yang melakukan kegiatan selalu didorong oleh keinginan untuk

mendapatkan sesuatu dan keinginan itu untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut tindakan atau motif ekonomi dibawah ini kita akan mengulas informasi selengkapnya jadi pastikan kalian membaca artikelnya sampai habis ya.

motif dan prinsip ekonomi

 

Macam Macam Motif Ekonomi

1. Motif untuk Memenuhi Kebutuhan

Motif paling penting yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi, yaitu ingin memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran. Setiap aktivitas yang dilakukan manusia dengan harapan dapat memperoleh penghasilan.

Penghasilan itulah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Apabila penghasilannya tidak mencukupi maka berusaha mendapatkan penghasilan tambahan dengan melakukan kegiatan ekonomi lainnya.

2. Motif Berbuat Sosial

Rasa kemanusiaan selalu ada pada setiap orang. Selain ingin memenuhi kebutuhan manusia punya keinginan untuk menolong orang lain atau ingin membantu sesama manusia. Sebagai contoh, seorang siswa berkunjung ke Panti Asuhan untuk menyumbangkan buku-buku pelajaran yang tidak terpakai.

Masih ada banyak kegiatan ekonomi lain yang dilakukan dengan motif sosial ini. Contoh, membantu orang lain misalnya dengan menyumbangkan baju yang tidak terpakai, membantu teman yang kekurangan, membantu fakir miskin, dan membantu teman yang terkena musibah.

3. Motif untuk Mendapatkan Penghargaan

Penghargaan yang dimaksud bukan sekedar mendapat pujian atau piagam tetapi juga ingin status sosial yang lebih tinggi dari masyarakat sekitar. Penghargaan diperoleh apabila ada usaha dengan rajin untuk memperolehnya.

Belajar dengan rajin untuk memperoleh prestasi maka akan mendapat penghargaan pada saat pembagian laporan hasil belajar pada akhir semester atau kompetisi mata pelajaran yang diadakan sekolah setiap pekan kreativitas.

4. Motif untuk Memperoleh Kekuasaan

Motif lain yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi adalah motif memperoleh kekuasaan. Manusia kadang tidak puas terhadap apa yang diperoleh, sehingga terus melakukan kegiatan dan mengembangkan usaha. Misalnya seorang pengusaha ingin menguasai pasar sehingga melakukan beberapa keputusan strategi harga atau promosi.

Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi ini adalah sesuatu yang dijadikan pedoman dalam melakukan kegiatan ekonomi, baik oleh konsumen, produsen, maupun pemerintah. Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi, yang mendasarkan kegiatannya pada prinsip ekonomi.

Bagi pelaku produksi, tindakan yang dilakukan harus menggunakan bahan baku yang bagus, tenaga kerja yang terampil, mesin, sehingga dalam melakukan proses produksi dapat efisien dan barang hasil produksinya berkualitas. Secara umum inilah yang dimaksud prinsip ekonomi :

  • Prinsip ekonomi adalah usaha untuk mendapatkan hasil tertentu dengan pengorbanan yang sekecil mungkin.
  • Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan yang kita keluarkan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan diharapkan.
  • Prinsip ekonomi adalah berusaha dengan alat yang tersedia untuk memperoleh hasil yang maksimal.
  • Prinsip ekonomi adalah dasar berpikir manusia yang digunakan untuk melakukan tindakan ekonomi.

Bahkan dalam dunia usaha prinsip ekonomi berhubungan dengan sebutan efisien dan efektif. Efisien artinya kegiatan yang dilakukan tepat untuk mencapai target tertentu dan efektif artinya apa yang dilaksanakan benar. Prinsip ekonomi baik sekali digunakan dalam segala kegiatan ekonomi, baik kegiatan produksi, distribusi maupun konsumsi.

Karena prinsip ekonomi ini adalah dasar berpikir atau pedoman dalam melakukan tindakan, tentu saja harus rasional dan sesuai dengan norma-norma dan hukum positif yang berlaku di dalam masyarakat.

Prinsip ekonomi dapat diterapkan dalam kegiatan ekonomi. Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan-kegiatan ekonomi tentu dengan tujuan yang berbeda. Di bawah ini contoh penerapan dalam kegiatan ekonomi.

Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi

menggunakan bahan mentah atau bahan baku dengan mutu baik,
mendirikan tempat perusahaan yang dekat dengan bahan mentah/bahan baku,
menggunakan tenaga kerja dengan upah murah, dan
harus selalu hemat dalam biaya produksi.

Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan distribusi

menyalurkan barang dengan prinsip tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat tempat,
menempatkan perusahaan di antara produsen dan konsumen,
memberikan layanan dengan baik, dan
menggunakan sarana distribusi yang murah.

Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi

membeli barang dengan memilih terlebih dahulu;
memilih barang yang kualitas bagus;
membeli barang sesuai dengan yang direncanakan; dan
setiap awal bulan membuat daftar kebutuhan berdasar skala prioritas.

Baiklah murid onlineku itulah tadi ulasan informasi tentang motif dan prinsip ekonomi yang berhasil kami sajikan ke kalian semua. Semoga menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Sampai jumpa di artikel lainnya yah.

Related Posts
Contoh Surat Dinas: Panduan Lengkap dan Format Terbaru
Pengertian Surat Dinas

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai contoh surat dinas beserta panduan lengkap dan format terbaru yang dapat Read more

Materi Bahasa Inggris Present Continuous Tense
Materi Bahasa Inggris Present Continuous Tense

Materi Bahasa Inggris Present Continuous Tense - Halo students, how are you today? I hope you are fine. Artikel ini Read more