Matematika Kelas 4 SD Bilangan Romawi

Matematika Kelas 4 SD Bilangan Romawi – Hai adik-adik semua, apa kabar kalian? semoga dalam keadaan sehat dan selalu bersemangat untuk belajar yah. Edisi kali ini kita akan memberikan pembahasan materi pelajaran Matematika kelas 4 Sd tentang bilangan romawi.

Angka romawi memang berasal dari sistem penomoran dari romawi kuno, Penomoran romawi menggunakan tulisan latin sebagai lambang angka-angkanya. Dalam angka romawi juga tidak ada lambang bilangan nol. Bagaimana apakan kalian semakin tertaik mempelajarinya?

Berikut ini ulasan materi selengkapnya tentang bagaimana lambang bilangan romawi dan cara perhitungannya. Jadi pastikan kalian membaca artikelnya sampai habis supaya bisa memahaminya dengan baik.

Matematika Kelas 4 SD Bilangan Romawi

Ulasan Materi Konsep Bilangan Romawi

Lambang Bilangan Romawi

I = 1
V = 5
X = 10
L = 50
C = 100
D = 500
M = 1000

Inilah lambang bilangan dasar penomoran dengan angka romawi. Lalu bagaimana untuk penulisan angka romawi selain angka diatas? nah berikut aturan penulisan angka romawi yang benar jadi simak baik-baik.

angka romawi kelas 4 sd

Aturan Penulisan Bilangan Romawi

Dalam penulisan angka romawi terdapat aturan yang digunakan sehingga menjadi kombinasi angka lain. Jika angka berada di sebelah kiri menjadi lebih kecil dari angka yang disebelah kanan atau dengan kata lain dikurangi, contohnya sebagai berikut :

I X
1 10(10-1)
I di sebelah kiri X, artinya I digunakan untuk mengurangi X.

Jadi, IX artinya 10 – 1 = 9.
Maka nilai IX adalah 9

Jika angka di sebelah kanan kurang dari atau sama dengan angka yang di sebelah kiri, berarti dijumlahkan

X I
10 1
Maka XI = 10 + 1 = 11
XX = 10 + 10 = 20
VI = 5 + 1 = 6
LII = 50 + 1 + 1 = 52

Aturannya penulisan lambang bilangan Romawi yang sama, hanya boleh dituliskan sebanyak tiga kali berturut-turut, seperti:

III artinya 1 + 1 + 1 = 3
XXX artinya 10 + 10 + 10 = 3

Jadi angka 40 tidak boleh ditulis XXXX yang merupakan penulisan lambang yang sama secara berurutan sebanyak 4x. Angka 40 dari XL yakni 50-10 yang menghasilkan 40.

Selain itu terdapat aturan pengurangan yang ada, yaitu I hanya dapat digunakan untuk mengurangi V dan X.X hanya dapat digunakan untuk mengurangi L dan C. C hanya dapat digunakan untuk mengurangi D dan M. Setelah kalain memahami konsepnya kalian bisa melatih dengan beberapa latihan soal dibawah ini :

Contoh Soal :

1. Bilangan romawi di bawah ini yang bernilai paling besar adalah ….
a. IIIX
b. VIII
c. CIV
d. XIVI

2. Ayu lahir pada tahun 2020. 2020 jika ditulis dengan angka romawi menjadi ….
a. MMXX
b. XIIX
c. CIXI
d. LIIX

3. Rumah Lia terletak di Jalan Merpati nomor CLIV . Nomor CLIV jika diubah ke bilangan cacah menjadi ….
a. 135
b. 140
c. 154
d. 139

4. Bilangan romawi yang berada di antara CIX dan CXII adalah ….
a. CXIV
b. CX
c. CXV
d. CXL

5. 100 – 41 = Z . Nilai Z jika ditulis dalam bilangan romawi adalah ….
a. CXI
b. LXI
c. LIX
d. DXI

Selamat mengerjakan dan semoga ulasan matematika kelas 4 sd bilangan romawi ini berhasil kami sajikan ke kalian semua. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami untuk materi lainnya silahkan cari di kolom pencarian.

Related Posts
Materi Membandingkan Pecahan Tema 5 Kelas 3 SD
Membandingkan Pecahan Tema 5 Kelas 3 SD

Membandingkan Pecahan Tema 5 Kelas 3 SD - Halo ayah bunda dan adik-adik semua, kembali lagi kita pada ulasan materi Read more

Materi Pecahan Kelas 3: Pengenalan dan Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari
Materi Pecahan Kelas 3

Materi Pecahan Kelas 3: Pecahan adalah salah satu materi matematika yang penting untuk dipahami, terutama bagi siswa kelas 3. Dalam Read more