Matematika Kelas 5 SD Cara Menghitung Debit Air

Matematika Kelas 5 SD Cara Menghitung Debit Air – Halo adik-adik apa kabar kalian hari ini? semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Di artikel kali ini kita akan memberikan ulasan materi pelajaran Cara menghitung debit air yang termasuk dalam pelajaran matematika kelas 5 SD.

Apakah adik-adik semua pernah mendengar istilah debit air? Kalau belum jangan sedih karena di artikel ini kita akan membahasnya mulai dari pengertian debit air, satuannya apa dan juga bagaimana rumus cara perhitungannya.

Tapi sebelumnya pastikan kalian berdoa dulu dan persiapkan buku catatan untuk latihan soal. Setelah itu baca artikel ini sampai habis supaya materi yang kalian dapatkan bisa dipahami secara keseluruhan. Langsung saja ke ulasannya :

Matematika Kelas 5 SD Cara Menghitung Debit Air

Ulasan Materi Cara Menghitung Debit Air

Pengertian Debit Air

Debit air merupakan volume zat cair yang mengalir pada suatu penampang atau yang dapat ditampung tiap satuan waktu. Nah, penerapan debit air ini sangat sering kita temui, lo. Misalnya, saat mengisi bak mandi, mengisi air gelas, bahkan pada pengairan lahan pertaian yang sangat luas.

Semua hal tersebut dapat dihitung menggunakan rumus debit air. Selain itu debit air dapat untuk menghitung mulai dari pengisian air sederhana, hingga yang kompleks, seperti besar aliran sungai atau perairan sawah. dalam ilmu matematika, debit umumnya dinyatakan dengan menggunakan simbol Q.

Satuan Waktu dan Satuan Volume

materi debit kelas 5 sd pdf

Adik-adik tahukah kalian perhitungan debit air sangat berkaitan erat dengan satuan volume dan satuan waktu, maka sebelumnya kita harus mengetahui konversi kedua satuan tersebut supaya kalian bisa lebih mudah dalam memahaminya.

Satuan Waktu

1 jam = 60 menit
1 menit = 60 detik / 60 sekon
1 jam = 3.600 detik / 3.600 sekon
1 menit = 1/60 jam
1 detik = 1/60 detik
1 jam = 1/3.600 detik

Satuan Volume

1 liter = 1 dm³
1 dm³ = 1.000 cm³
1 cm³ = 1.000.000 mm³
1 mm³ = 0.001 m³
1 cc = 1 ml = 1 cm

Rumus Menghitung Debit Air

Debit = Volume aliran : waktu aliran

Nantinya, satuan debit adalah satuan volume per satuan waktu, seperti m3 /detik, m3 /jam, liter/detik, ml/detik.

Lalu, kalau yang ditanyakan waktu aliran kita dapat menggunakan rumus di bawah ini:

Waktu aliran = Volume : debit

Kemudian, jika diketahui debit dan waktu aliran, maka rumus untuk menghitung aliran adalah sebagai berikut:

Volume aliran = Debit x waktu aliran

Contoh Soal

Sebuah keran di kamar mandi selama 1 jam dapat mengeluarkan air sebanyak 7,2 m³. Berapakah debit air pada sebuah keran tersebut dalam satuan liter/detik?

Jawaban dan pembahasan: Pertama-tama, kita konversikan satuan menjadi liter per detik terlebih dahulu, Adjarian.

Volume air = 7,2 m³

= 7200 dm³ (sama dengan 7200 liter)

Waktu air = 1 jam

1 jam = 3.600 detik

Debit air = Volume air : waktu

Debit air = 7.200 liter : 3.600 detik

Debit air = 2 liter/detik

Jadi, debit air pada keran tersebut adalah 2 liter/detik.

Setelah memahami contoh soal diatas kalian bisa mencoba untuk mengerjakan pertanyaan dibawah ini yah adik-adik :

Jika debit air 10 m3 /menit, maka untuk memenuhi kolam 160.000 liter. Berapa menit waktu yang diperlukan untuk memenuhi kolam tersebut?

Selamat mengerjakan soal ya adik-adik, minta bantuan ayah dan bunda atau kakak kalian untuk mengkoreksi jawaban kalian. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini semoga bermanfaat untuk kalian dan juga tetap bersemangat

untuk belajar karena dengan rajin belajar dan membaca bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan kalian dimasa hadapan. Untuk mendapatkan materi pelajaran lainnya bisa kalian cari di kolom pencarian yah adik-adik.

Related Posts
Materi PAI Kelas 1 SD Mengenai Rukun Iman
Materi PAI Kelas 1 SD Mengenai Rukun Iman

Materi PAI Kelas 1 SD Mengenai Rukun Iman - Assalamualaikum, beberapa adik bagaimana berita kalian ini hari? mudah-mudahan pada kondisi Read more

Contoh Syair: Keindahan Puisi Tradisional dalam Budaya Indonesia
Contoh Syair

Dalam artikel ini, situs resmi Prakerja.co.id akan mengeksplorasi contoh syair sebagai bentuk seni yang mempesona dalam bahasa Indonesia. Syair merupakan Read more