Materi Bilangan Kelas 7 SMP dan Contoh Soal

Materi Bilangan Kelas 7 SMP dan Contoh Soal – Hai adik-adik pintar semua, apa kabar kalian hari ini? semoga dalam keadaan sehat wal afiat selalu dan juga masih semangat terus belajarnya karena kita akan mengulas materi tentang bilangan di kelas 7 SMP semester 1 ini.

Untuk pelajaran bab 1 tentu masih mudah ya karena materi ini sebelumnya sudah di perkenalkan ketika kalian masih di bangku Sekolah Dasar. Hanya saya yang berbeda tingkat kesulitannya menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Tapi tenang saja karena

kalau kalian mengerti konsep pembelajarannya tidak ada kata sulit karena matematika ini sunggu mengasyikan sekali adik-adik. Nah kalian sudah tidak sabarkan untuk belajar langsung saja kalian baca artikel atau pembahasannya sampai habis.

Materi Bilangan Kelas 7 SMP dan Contoh Soal

Ulasan Materi Bilangan Kelas 7 SMP dan Contoh Soal

Pengertian Bilangan Bulat

Bilangan bulat Ialah kumpulan atau himpunan bilangan yang nilainya bulat. Bilangan bulat ini terdiri dari bilangan cacah serta bilangan bulat (-). Himpunan bilangan bulat dalam matematika dikembangkan dengan Z. Lambang ini berasal dari Jerman, yaitu Zahlen yang memunyai arti bilangan.

Selain itu, bilangan cacah juga merupakan himpunan bilangan yang didalamnya terdapat bilangan nol serta bilangan bulat positif. Bilangan bulat positif bisa disebut juga dengan bilangan asli, yang merupakan himpunan bilangan bulat yang bernilai positif. Disisi lain, bilangan bulat (-) adalah bilangan yang bernilai (-).

Selanjutnya bilangan asli merupakan bilangan ganjil, genap, prima, dan komposit. Bilangan ganjil merupakan himpunan bilangan yang bukan kelipatan dua atau nilainya tidak habis dibagi dengan angka 2. Sebaliknya bilangan genap adalah kumpulan bilangan kelipatan 2 atau nilanya bisa habis kalau dibagi dengan angka 2.

Selain itu, ada bilangan prima yang merupakan kumpulan bilangan yang nilainya lebih besar dari 1 dan hanya dapat dibagi oleh 1 atau bilangan itu sendiri. Misalnya, 2 adalah bilangan prima sebab cuma bisa dibagi 1 dan bilangan itu sendiri yaitu 2. Sementara 4 bukan bilangan prima sebab bisa dibagi oleh angka 1, 4, dan juga 2.

Sehingga , bilangan yang nilainya lebih besar dari 1 dan tidak termasuk ke dalam bilangan prima, dengan kata lain bilangan ini adalah bilangan komposit. Misalnya adalah 4 tadi. Bilangan 4 lebih besar dari 1 dan bukan bilangan prima sebab bisa dibagi dengan angka 1, 2, dan 4 sehingga termasuk bilangan komposit.

Operasi Penjumlahan

Materi bilangan bulat kelas 7 selanjjtnya adalah penjumlahan dengan jenis yang sama bisa menghasilkan jenis yang sama juga. Bila bilangan positif ditambahkan dengan bilangan positif juga, makan akan menjadi bilangan positif. Sama dengan bilangan positif, bila bilangan (-) ditambah dengan (-), maka hasilnya adalah (-).

Misalnya:

7 + 3 = 10

(-2) + (-3) = -5

Kalau penjumlahan dengan jenis yang beda, sehingga hasilnya adalah pengurangan dan jenis yang didapatkan dari bilangan yang paling besar. Saat bilangan yang paling besar (-), maka hasilnya adalah (-). Sama dengan bilangan (-), bilangan yang paling besar positif maka hasil pengurangannya akan menjadi nilai positif.

-5 + 3 = -2

12 + (-2) = 10

Operasi Pengurangan

Saat operasi pengurangan maka bilangan (-) bertemu dengan simbol pengurangan seperti (-).

Contoh:

5 – 3 = 2

(-2) – (-4) = (-2) + 4 = 2

Selain itu untuk pengurangan jenis berbeda akan dijelaskan dengan contoh berikut ini.

Contoh:

6 – (-7) = 6 + 7 = 13

(-10) – 15 = 5

Operasi Pembagian

Untuk pembagian bilangan positif yang dibagi dengan bilangan positif juga sehingga hasilnya menjadi positif. Kalau bilangan (-) dibagi dengan (-) sehingga hasilnya menjadi positif. Selain itu untuk bilangan positif yang dibagikan dengan bilangan (-)akan menjadi bilangan (-).

Contoh:

Bilangan bulat positif

10 : 2 = 5

Bilangan bulat (-)

(-8) : (-4) = 2

Bilangan bulat positif dan (-)

(-12) : 6 = -2

21 : (-7) = -3

Perkalian

Bilangan positif yang dikalikan dengan bilangan positif juga maka akan menjadi positif. Sementara bilangan (-)yang dikalikan dengan bilangan (-) maka akan menghasilkan bilangan positif. Sedangkan bilangan positif yang dikalikan dengan bilangan (-), maka akan menjadi (-).

Contoh:

Bilangan bulat positif

9 x 9 = 81

Bilangan bulat (-)

(-3) x (-2) = 6

Bilangan bulat positif dan (-)

3 x (-5) = -15

Membandingkan Bilangan Bulat

Membandingkan bilangan bulat berarti menentukan apakah sebuah bilangan mempunyai nilai lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan bilangan bulat yang lain. Dalam membandingkan bilangan bulat, kita dapat menuliskannya memakai lambang berikut ini :

1. Jika a lebih besar dari b, maka bisa ditulis a > b
2. Jika a lebih kecil dari b, maka bisa ditulis a < b
3. Jika a sama dengan b, maka bisa ditulis a = b

Mengurutkan Bilangan Bulat

soal bilangan bulat kelas 7 pdf

Mengurutkan bilangan bulat berarti menuliskan bilangan tersebut secara urut dari nilai terkecil ke nilai yang terbesar atau sebaliknya. Dalam garis bilangan, semakin ke kanan letak sebuah bilangan, maka nilainya akan semakin besar. Sebaliknya, bila semakin ke kiri, maka nilai sebuah bilangan akan semakin kecil.

Baiklah adik-adik itulah tadi konsep materi dari Bilangan bulat yang berhasil kami sajikan, tentunya mudah dipahami bukan, Semoga bisa bermanfaat menambah wawasan kalian terimakasih sudah membacanya sampai habis dan jangan pernah malas belajar.

Baca juga artikel terkait :

Matematika Kelas 5 SD Cara Menghitung Debit Air

Logika Matematika Ingkaran Konjungsi Disjungsi Implikasi dan Biimplikasi

Related Posts
Contoh Teks Naskah Drama Komedi Singkat Terbaru Bikin Ngakak
contoh naskah drama komedi panjang

contoh naskah drama komedi - Naskah drama ialah sebuah tulisan yang berisi diskusi dan instruksi narasi yang berperan sebagai referensi Read more

Takabur Memahami Dosa dan Akibatnya
Takabur

Takabur, atau kesombongan, adalah salah satu dosa besar dalam Islam yang dapat merusak kehidupan seseorang. Meskipun terkadang sulit untuk dihindari, Read more