Mengenal Asam Basa Materi Kimia Kelas 11 SMA

Mengenal Asam Basa – Halo teman-teman semuanya pada edisi hari ini kita akan mengulas materi pelajaran Kimia di kelas 11 SMA tentang asam dan basa mulai dari sidatnya, membedakan klasifikasinya dan juga bagaimana cara membedakan senyawa asam dan basa itu.

Kalian tahu buah lemon kan guys? Dan sudah kebayang donk rasanya. Asam sudah tentu tidak ada manis-manisnya, Tahu tidak sih jika rasa masam ini karena ada senyawa ion H+ hingga membuat rasanya jadi asam.

Mayoritas buah-buahan memiliki kandungan asam organik kurang kuat, seperti asam sitrat pada jeruk, asam maleat pada apel, dan asam tartrat pada buah anggur. Disamping itu, ada juga asam askorbat yang dikenali sebagai vitamin C yang terdapat banyak dalam buah yang terasa masam seperti buah lemon.

Nah, buah yang memiliki kandungan asam dan vitamin C ini banyak memiliki faedah, lho! Konsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan asam, bisa tingkatkan ketahanan badan. Selanjutnya, untuk ibu hamil, buah-buahan yang memiliki kandungan asam baik pada menolong peresapan zat besi dan menolong pembangunan hemoglobin.

Selainnya asam ada yang disebutkan basa. Senyawa basa memiliki kandungan ion OH-, misalnya terjadi pada suatu sampo yang saat kalian sedang mandi kemungkinan nyiprat ke dalam mulut dan kerasa pahit kan dan berikut disebutkan basa karena ada OH-. Maka rasa masam dan rasa pahit ini sebagai salah satunya karakter atau ciri-ciri dari basa dan asam. Jika demikian, ada tidak ya, karakter yang lain dari asam dan basa? Pasti ada, donk!

mengenal asam basa

Sifat Asam dan Basa

Asam dan basa mempunyai karakter yang berbeda. Sifat atau karakter asam dan basa bisa kamu saksikan pada infografik berikut.

Tabel sifat asam basa

Seperti tadi telah diulas, dari sisi rasa, asam mempunyai rasa yang masam dan basa mempunyai rasa yang pahit. Lalu, dari sisi pH, asam mempunyai pH di bawah 7, dan basa mempunyai pH di atas 7. Bila satu larutan mempunyai pH 7 maknanya larutan itu karakternya netral ya, gaes! Tidak memiliki sifat asam atau basa.

Selanjutnya, ciri-ciri seterusnya bisa disaksikan dari tanda asam basa yang umum dipakai yakni lakmus. Bila satu larutan memiliki sifat asam, karena itu dia akan memeraskan lakmus biru. Dalam pada itu, bila larutannya memiliki sifat basa karena itu dia akan membirukan lakmus merah. Tidak boleh kebalik, ya! Paling akhir, larutan atau senyawa asam memiliki sifat korosif, dan basa memiliki sifat kaustik.

Cara Membedakan Asam dan Basa

Senyawa asam bisa secara mudah diketemukan pada buah-buahan, seperti lemon dan jeruk. Disamping itu, juga bisa diketemukan pada bahan makanan, seperti cuka. Bahkan juga, senyawa asam banyak juga dipakai sebagai bahan pengawet makanan lho, misalkan asam benzoat yang digunakan sebagai pengawet juice selai dan buah. Dan untuk senyawa basa, biasanya bisa diketemukan pada benda yang rasanya pahit, seperti sabun atau obat.

Bermakna, jika ingin membandingkan asam dan basa, kita harus tahu rasanya masam atau pahit, ya? Eit, tidak getho ya, gaes! Ada langkah yang semakin aman untuk membandingkan yang mana sebagai senyawa asam dan yang mana sebagai senyawa basa. Satu diantaranya sama seperti yang telah disebut sebelumnya barusan, yakni memakai tanda lakmus atau pH meter.

Disamping itu, kamu bisa juga memakai beberapa bahan alami yang warna ceria sebagai tanda untuk mengenali basa dan asam. Misalkan, bunga bunga kana dan sepatu. Saat bunga sepatu dan bunga kana ini dimasukkan di dalam larutan asam, karena itu berwarna akan berbeda jadi lebih muda dan jelas dibanding warna semula. Tetapi, bila dimasukkan ke larutan basa, karena itu berwarna akan berbeda jadi lebih gelap dari warna semula.

Membuat Larutan Asam dan Basa

Larutan asam dan basa bisa didapat dengan meleburkan asam atau basa langsung ke air. Disamping itu, larutan ini dapat didapat lewat reaksi di antara senyawa oksida dengan air.

Reaksi di antara oksida asam sama air akan hasilkan larutan asam, dan reaksi di antara oksida basa sama air akan hasilkan larutan basa. Larutan basa dapat dibuat dari reaksi di antara logam reaktif dengan air.

Oksida sendiri sebagai senyawa yang tercipta di antara elemen tertentu dengan oksigen. Oksida asam ialah oksida yang dari elemen nonlogam dengan oksigen, misalkan CO2, SO2, P2O5, Cl2O7 dan beberapaya. Oksida asam akan hasilkan larutan asam bila bereaksi dengan air. Contoh reaksi yang hasilkan larutan asam dapat kamu saksikan pada gambar berikut.

reaksi larutan asam

Lanjut, kita ulas larutan basa, ya! Larutan basa bisa dibuat dengan mereaksikan oksida basa dengan air. Oksida basa ialah oksida yang dari elemen logam dengan oksigen, misalkan Na2O, CaO, Fe2O3, dan beberapaya. Contoh reaksi yang hasilkan larutan basa dapat kamu saksikan pada gambar berikut.

reaksi larutan basa

Tetapi, penting diingat, jika antara senyawa oksida, ada yang disebutkan oksida indiferen, yakni oksida yang tidak bisa membuat asam atau basa, misalkan CO dan NO.

Disamping itu, ada pula oksida amfoter. Amfoter maknanya bisa bereaksi dengan ion asam (H+) dan ion basa (OH-). Contoh oksida amfoter ialah Al2O3 dan ZnO.

Klasifikasi Asam dan Basa

Oke, saat ini kita ulas mengenai kategorisasi asam dan basa, ya! Asam dan basa dipisah jadi dua jenis, yakni asam kuat dan basa kuat, dan asam basa kurang kuat dan kurang kuat. Kuat dan kurang kuatnya tuch tujuannya bagaimana, ya? Yok, kita ulas satu demi satu!

1. Asam Kuat dan Basa Kuat

Asam kuat ialah senyawa asam yang gampang melepas ion H+ di air dan alami disosiasi keseluruhan dalam larutannya. Contoh asam kuat yakni HCl, HNO3, H2SO4, dan HCIO4.

Dan basa kuat ialah senyawa basa yang gampang melepas ion OH- di air dan alami disosiasi keseluruhan dalam larutannya. Contoh basa kuat yakni NaOH, KOH, dan Ba(OH)2.

2. Asam Lemah dan Basa Lemah

Asam lemah ialah senyawa asam yang susah melepas ion H+ di air dan alami disosiasi beberapa dalam larutannya. Contoh asam kurang kuat yakni H3PO4, H2SO3, HNO2, dan CH3COOH.

Basa lemah ialah senyawa basa yang susah melepas ion OH- di air dan alami disosiasi beberapa dalam larutannya. Contoh basa kurang kuat yakni NaHCO3 dan NH4OH.

Oke teman-teman semua itulah tadi ulasan lengkap mengenai materi Mengenal Asam Basa yang termasuk dalam pelajaran Kimia kelas 11 semoga apa yang kami rangkumkan ini bermanfaat untuk kalian supaya lebih mudah lagi dalam memahami konsep materi pembelajaran.

Sehingga kalain dengan mudah dapat mengerjakan soal-soal latihan dan ujian yang berkaitan dengan materi ini. Terimakasih sudah membaca artikel kami sampai jumpa pada postingan artikel selanjutnya semoga sukses selalu untuk kalian.

Related Posts
Pengertian Hikayat: Memahami Kekayaan Sastra Indonesia
Pengertian Hikayat

Pengertian Hikayat tidak hanya merujuk pada sebuah cerita, tetapi juga mencakup nilai-nilai budaya dan sejarah yang tertanam dalam karya sastra Read more

Fungsi Ayat Jurnal Penyesuaian
Fungsi Ayat Jurnal Penyesuaian

Fungsi Ayat Jurnal Penyesuaian : Dalam dunia akuntansi, terdapat berbagai prosedur dan metode yang harus diikuti agar catatan keuangan suatu Read more