Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SD

Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SD – Hai adik-adik pintar yang sudah duduk di kelas 6 Sd. Dimana semester pertama sudah usai dan kini kalian sudah memulai semester kedua yang artinya kalian akan segera dihadapkan dengan ujian nasional

yang bisa menentukan nilai akhir kalian untuk ke jenjang pendidikan berikutnya. Memang tidak semua matapelajaran masuk kedalam Ujian Nasional diantaranya ada Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA.

Selain soal-soal yang pernah keluar pada ujian nasional berikutnya kami juga menyediakan kunci jawabannya sehingga adik-adik semua bisa minta bantuan ke orang tua atau kakak kalian untuk mengkoreksinya atau bahkan kalian sendiri? tunggu apa lagi selamat mengerjakan.

Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SD

Berikut Ini Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SD

A. Pilihan Ganda

1. Laga sepakbola di antara PSS menantang Persebaya usai dengan kemenangan Persebaya. Situasi laga berjalan benar-benar meriah. Beberapa supporter sudah banjiri Stadion Maguwoharjo saat sebelum laga dimulai. Mereka sama-sama jaga diri tidak untuk membuat kerusuhan sampai laga usai.
Arti kata supporter dalam paragraf itu ialah ….

A. pemirsa
B. simpatisan
C. pecinta
D. penonton

2. Bertani jagung diawali dengan menanam bijinya. Sesudah tiga sampai empat hari akan tanaman akan ada di atas tanah. Petani bisa memetik jagung sesudah tanaman berumur tiga 1/2 bulan. Tersebut tingkatan petani dalam menanam jagung.
Gagasan dasar paragraf itu ialah ….

A. tehnik bertani jagung
B. pertama kali bertani jangung
C. tingkatan bertani jagung
D. umur jagung dipanen

3. Air sampah yang dari industri tekstil benar-benar berbahaya. Air itu memiliki kandungan toksin. Toksin itu dapat mempengaruhi kesehatan manusia.
Arti kata sampah pada paragraf itu ialah ….

A. suatu hal yang tidak digunakan
B. tersisa proses produksi
C. tersisa bahan industri
D. bahan sortiran pabrik

4. Pohon itu terlihat pendek.
Antonim kata pendek dalam kalimat itu ialah ….

A. besar
B. tinggi
C. panjang
D. rimbun

5. Belanda ingin menaklukkan Diponegoro tetapi belum berhasil. Belanda bohong untuk menaklukkannya. Pimpinan Belanda, berpura-pura ajak Diponegoro berdialog di Magelang. Namun, Diponegoro diamankan. Beliau dikucilkan ke Batavia, selanjutnya Manado. Pada akhirnya Diponegoro dipindah ke Makasar sampai meninggal dunia 8 Juni 1855.
Bagaimanakah cara Belanda menaklukkan Diponegoro?
Langkah Belanda menaklukkan Diponegoro dengan ….

A. penangkapan
B. pengisolasian
C. penculikan

6. Tiap sekolah menggiatkan pergerakan literatur dengan beberapa aktivitas. Salah satunya salah satunya ialah membaca buku sepuluh menit saat sebelum pelajaran dimulai. Ini mempunyai tujuan untuk tumbuhkan rutinitas membaca. Dengan membaca, pengetahuan dan wacana pelajar makin luas.
Kenapa literatur perlu digiatkan?
Literatur perlu digiatkan ….

A. agar membaca buku saat sebelum pelajaran diawali
B. untuk tumbuhkan rutinitas saat membaca
C. agar pengetahuan membaca kita makin bertambah
D. supaya wacana buku yang kita baca makin luas

7. Kita bisa membuat kompas dengan sederhana. Langkah membuat dengan menumpuk sampah dedaunan dalam lubang. Seharusnya, lubang dibikin pada tempat teduh. Ini dilaksanakan untuk percepat proses pembusukan.
Bila tumpukan sampah dedaunan tidak ditempatkan pada tempat teduh yang terjadi ialah ….

A. tempat teduh akan percepat pembusukan
B. kelembapan udara percepat dedaunan busuk
C. sampah dedaunan tidak cepat membusuk
D. sampah dedaunan tidak pernah busuk

8. Baca text pembicaraan berikut dengan jeli! Erwin : “Han, ayahmu ada di rumah?”
Hani : “Tidak. Kau jadi akan belajar langkah mencangkok pohon?”
Erwin : “Ya. Di mana beliau?” Hani : “Ayahku masih bekerja.” Erwin : “Kapan beliau pulang?” Hani : “Umumnya sore.”
Erwin : “Baik, kelak sore saya kembali lagi ke sini.”

baca juga : Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 3 SD

Topik text pembicaraan itu ialah ….

A. belajar mencangkok pohon
B. mencangkok pohon bersama
C. gagasan belajar mencangkok
D. langkah mencangkok pohon

9. Baca kutipan text laporan berikut dengan jeli!
Pelajar kelas VI SD Mulia melangsungkan lawatan ke Museum Kraton Yogyakarta. Lawatan itu dikerjakan pada Selasa, 9 Januari 2018. Museum Kraton Yogyakarta berada dalam tempat Kraton Yogyakarta. Dalam museum, beberapa pelajar benar-benar berlaku santun dan teratur. Pelajar tidak menggenggam barang yang jangan disentuh. Mereka memperhatikan benda koleksi museum dengan tenang.
Isi laporan itu ialah ….

A. keteraturan pelajar kelas VI SD Mulia dalam Museum Kraton Yogyakarta
B. pelajar SD Mulia memperhatikan bangunan-bangunan dalam Kraton Yogyakarta
C. pada Selasa, 9 Januari 2018, pelajar kelas VI SD Mulia berkunjung kraton
D. Museum Kraton Yogyakarta mengaplikasikan beragam ketentuan untuk pengunjung.

10. Lihat kutipan pidato berikut!
Rekan-rekan, waktu ujian sekolah makin dekat. Tidak boleh terbuai dan bermalasan, bila tidak mau kecewa. Nilai ujian sekolah yang memberikan kepuasan harus dicapai. Dengan begitu kita bisa meneruskan ke sekolah kelanjutan yang diharapkan. Mari belajar lebih rajin supaya mendapatkan nilai ujian yang memberikan kepuasan!
Isi pidato itu ialah ….

A. belajar rajin supaya mendapat nilai ujian sekolah yang memberikan kepuasan
B. pelajar jangan terbuai pada nilai ujian sekolah yang memberikan kepuasan
C. sesudah lulus, pelajar sekolah dasar harus meneruskan ke sekolah kelanjutan
D. pelajar yang bermalasan tentu tidak dapat meneruskan ke sekolah kelanjutan

B. Essay

11. Mengkudu merupakan buah yang baunya kurang disukai banyak orang. Meskipun demikian, mengkudu membuat kita menjadi lebih sehat bila dikonsumsi. Mengkudu mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Banyak penyakit yang dapat disembuhkan oleh buah tersebut. Salah satu contohnya mengkudu dapat menyembuhkan batuk.
Tulislah simpulan paragraf tersebut!

12. Sebutkan 4 keteladanan tokoh Avin dalam cerita berikut!
Avin dan Avan adalah kakak beradik. Mereka mempunyai kebiasaan yang berbeda. Avin menyisihkan sebagian uang sakunya untuk ditabung, sedangkan Avan selalu menghabiskan uang sakunya. Avin selalu menasihati Avan agar menyisihkan uang sakunya untuk ditabung. Akan tetapi, Avan tidak pernah menghiraukan nasihan Avin.
Tabungan Avin semakin hari semakin banyak. Tabungan tersebut dia gunakan untuk membeli sepatu baru. Mengetahui hal tersebut, Avan merasa sedih tidak dapat membeli sepatu baru seperti Avin. Diam-diam avin juga membelikan sepatu baru untuk Avan dengan uang tabungannya. Mengetahui hal tersebut, Avan merasa senang dan berterima kasih kepada Awin.

13. Sungguh banyak pasir pantai Berkilau kena cahaya bulan Jadilah siswa yang pandai Biar bahagia di hari depan
Tulislah pesan yang terkandung dalam pantun tersebut!

14. Tadi sore Ayah di teras belakang membaca koran sambil minum kopi. Bau kopi tercium hingga ruang tamu. Kopi tersebut oleh-oleh dari paman. Kopi tersebut asli Lampung.
Perbaikilah tata kalimat yang dicetak miring tersebut dengan benar! (Pedoman penggunaan huruf kapital dapat dibaca disini)

15. Paraguay menjuarai piala amerika selatan yang pertama pada kejuaraan futsal tahun 1965. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979. Semua gelaran juara disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan 1984.
Perbaikilah kalimat yang dicetak miring dengan ejaan yang tepat!

Kunci Jawaban Pilihan Ganda

1. B
2. C
3. B
4. B
5. B
6. B
7. C
8. C
9. A
10. A

Nah adik-adik sekalian, itulah tadi beberapa contoh soal pilihan ganda dan juga esay yang bisa kalian coba kerjakan sebagai latihan dan persiapan nantinya untuk menghadapi Ujian Nasional dan mendapatkan nilai yang bagus untuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Download SOAL PDF | Disini

Related Posts
Contoh Soal UAS dan PAS Bahasa Inggris Kelas 12
contoh soal bahasa inggris kelas 12 beserta jawabannya

Contoh Soal UAS dan PAS Bahasa Inggris Kelas 12 - Hallo kids, tak terasa kalian sudah berada di penghujung semester Read more

Majas Metafora: Mengungkap Kecantikan Bahasa dalam Gaya Penyampaian yang Menawan
Majas Metafora

Dalam artikel ini, webite resmi Prakerja.Co.Id akan menjelajahi makna, kegunaan, dan contoh penerapan majas metafora dalam bahasa Indonesia. Majas metafora Read more